Parenting Bulanan dan Sharing Time, Cara TKIT Bina Madina dan KBIT Abata Melibatkan Orang Tua dalam Pengasuhan Anak


Hafez Ibrahim, seorang penyair ternama Mesir yang dijuluki "Penyair Sungai Nil", menuliskan; Al-ummu madrasatul uula, iza a'dadtaha a'dadta sya'ban thayyibal a'raq, yang artinya: Ibu adalah sekolah utama, bila engkau mempersiapkannya, maka engkau telah mempersiapkan generasi terbaik.

Maka, sebagai bagian dari TKIT Bina Madina, saya sangat bersyukur karena sekolah ini menggalakkan kegiatan parenting yang diadakan setiap bulan. Kegiatan tersebut tidak hanya menjadi ajang silaturrahmi bagi Mama-Mama / Wali Santri, tetapi juga menjadi salah satu sarana untuk mencari ilmu, khususnya ilmu pengasuhan yang berlandaskan tuntunan Islam.

Dalam penyelenggaraan kegiatan ini, setiap kelas dibagi menjadi beberapa kelompok beranggotakan 3-4 orang, yang nantinya akan bergiliran menjadi "tuan rumah" alias panitia. Kebetulan, Mama bersama Mama Adnan, Mama Zhafran dan Mama Al Khalifi mendapatkan tugas di bulan Februari. 

Acara parenting kali itu dilaksanakan di Lesehan Putu Wali, yang berlokasi di depan Kelurahan Klodran. Kenapa memilih tempat itu? Ada dua alasan sebenarnya;
1. Karena rumah kami kurang proper untuk menampung 30-an Mama-Mama 
2. Karena harga makanan di Putu Wali cukup terjangkau dan rasanya pun tidak mengecewakan. ☺


Kelompok Parenting Februari kelas Ibnu Katsir TKIT Bina Madina

Dan inilah kami, tim sukses Parenting Februari; Mama Adnan, Mama Kepiting, Mama Zhafran, dan Mama Al. Alhamdulillah, meski untuk menyatukan empat kepala bukanlah hal yang mudah, tetapi acara kemarin banyak memberikan pengalaman baru bagi kami. Tahun depan insya Allah kita satu kelompok lagi ya, Ma.. 😊❤

Alhamdulillah lagi, meski sore itu hujan turun tanpa henti, tapi hal itu tidak menyurutkan langkah Mama-Mama sholihah dari kelas Ibnu Katsir untuk menghadiri Parenting Februari yang diisi oleh Bunda Nur, seorang praktisi pendidikan yang telah lebih dari 30 tahun mengajar di sebuah sekolah di Solo. Bunda Nur mengisi parenting kali ini dengan tema; Meminimalkan Kesalahan Pendidikan Anak Usia Dini.

Rangkuman materinya kira-kira seperti tulisan Mama yang ini: 12 Gaya Populer Kekeliruan dalam Komunikasi

Kegiatan Parenting TKIT Bina Madina, Gedongan, Colomadu, Karanganyar
Parenting Februari kelas Ibnu Katsir

Selesai kegiatan parenting, ada satu lagi PR kami. Ya, kelompok yang bertugas menjadi tuan rumah parenting di bulan itu, memiliki kewajiban lain yaitu untuk mengisi Sharing Time di Jumat terakhir setiap bulannya. 

Nah, kami saat itu mengajak anak-anak untuk membuat satu prakarya dari kertas origami. Bikin apa kita? Kita membuat aquarium beserta ikannya. Yeaaayy...

Kegiatan Sharing Time ini menjadi peluruh rindu bagi Mama yang sudah 10 tahun tidak mengajar. Dan karena sudah lamaaa sekali tidak mengajar, baru 10 menit bicara saja Mama sudah ngos-ngosan. Hihi... Makanya, kualat banget kalau kita sampai ngga sopan pada guru-guru kita. Apalagi ustadzah-ustadzah yang mengajar di TK, karena sungguh mengajar anak-anak TK membutuhkan kesabaran yang luar biasa.

Semoga Allah senantiasa mencurahkan rahmat-Nya kepada beliau ustadzah kita semua. Aamiin aamiin Yaa Robbal 'Aalamiin...







Gimana-gimana? Mama masih cocok jadi guru atau tidak? Hihi...

Untuk materi parenting bulan sebelumnya bisa dibaca di: Sebuah Cita-cita; Menjadi Ibu yang Dirindukan


Ditulis dengan Cinta, Mama

Comments