Waspadai 6 Penyakit yang Biasa Muncul di Musim Hujan! SIPOPO Bisa Dijadikan Andalan.

by - March 05, 2019


Penyakit memang bisa muncul kapan saja. Namun, di musim hujan, ada 6 penyakit yang sering menjangkit. Tulisan di bawah ini adalah review jujur Mama tentang produk Essential Oil dari SIPOPO, setelah Mama mencoba produknya kurang lebih 2 minggu terakhir. Mungkin teman-teman Mama bisa mencobanya juga, agar kita dan keluarga sehat senantiasa.




Waktu paket dari SIPOPO datang, Mama langsung takjub dibuatnya. Paket dibungkus sangat rapi, dan sangat mengutamakan keamanan. Ada beberapa lapis bubble wrap untuk membungkus produk essential oil ini.

Mengapa Mama tertarik untuk mencobanya? Seperti yang Mama tulis di paragraf pembuka di atas, penyakit memang bisa datang kapan saja. Terlebih lagi di musim hujan seperti sekarang ini. Setidaknya ada 6 penyakit yang mesti kita waspadai.

1. Influenza

Ini Mama alami beberapa minggu lalu, saat Mama disibukkan dengan persiapan gelaran Event Collaboration KEB dan Wardah di The Alana Hotel, Solo. Tiga hari sebelum acara, mata Mama berair terus. Badan panas, tulang-tulang terasa linu. Memang gejalanya seperti itu. Penyakit yang disebabkan oleh virus influenza ini bisa menyebar melalui batuk, bersin, atau dari sentuhan dengan benda-benda yang sudah terkontaminasi.

Meski flu adalah penyakit umum dan biasanya bisa sembuh dengan sendirinya, namun kita harus tetap waspada, karena influenza bisa berkomplikasi menjadi pneumonia atau yang lebih dikenal dengan istilah paru-paru basah. Na'udzubilah min dzalik ya, Ma...

2. Diare

Awal Februari lalu, Aga juga terserang diare. Kasihan sekali, karena dia yang biasanya minta makan berkali-kali, mendadak jadi tak mau makan apa-apa. Seharian mengeluh sakit perut, hingga empat kali pup. Aga juga muntah beberapa kali. Di kasur Mama, di kasur kamar depan, juga di gendongan Mama.

Mama sedih sekali. Tapi alhamdulillah, esoknya dia ceria kembali. Ia sudah mau minum susu hangat (sebelumnya ia menolak, mungkin karena enek dan ingin muntah, yaa), dan makan beberapa suap. Alhamdulillah...

3. Demam Tifoid (Tifus)

Penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella Typhosa ini ditandai dengan gejala demam tinggi, 39° C sampai 40° C, tubuh menggigil, denyut jantung lemah, badan lemah, sakit kepala yang hebat, nyeri otot, kehilangan nafsu makan, konstipasi, dan sakit perut. Biasanya, penyakit ini ditularkan melalui makanan dan minuman yang telah tercemar oleh tinja. 


Untuk terhindar dari penyakit ini, beri edukasi pada anak-anak agar tidak jajan sembarangan ya, Ma...

4. Demam Berdarah

Om Naufal, akhir tahun lalu, terkena Demam Berdarah. Bahkan kata Tante Fira, di Bogor penyakit ini sudah menjadi KLB. Beberapa orang meninggal dunia karenanya. Ya Allah... Penyakit ini disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus (Nyamuk Harimau Asia). 

Makanya, Mama suka memakaikan minyak telon yang mengandung citronella pada Mas Amay dan Dek Aga, karena nyamuk tidak menyukai wanginya.


5. Leptospirosis 

Penyakit yang sering disebut penyakit kencing tikus ini juga mengerikan, karena juga bisa menyebabkan kematian. Meski nama lainnya adalah penyakit kencing tikus, tapi ternyata penyebabnya bisa dari sapi, anjing, babi, reptil dan hewan amfibi, serta hewan pengerat lainnya.

6. Penyakit Kulit

Penyebabnya tentu saja karena udara yang lembab, yang menyebabkan jamur tumbuh dengan subur. Gejalanya mulai dari gatal-gatal kemerahan, hingga rasa perih saat disentuh. 


JAGA KESEHATAN, YUK...

Nah, Ma... Tentu kita ingin dijauhkan dari 6 penyakit di atas kan? Untuk itu, beberapa cara yang bisa kita lakukan adalah dengan menjaga kesehatan semaksimal mungkin. Olahraga, makan makanan yang bergizi, banyak minum air putih, dan istirahatlah yang cukup.

Satu lagi, sedia SIPOPO di rumah, yaa...

essential oil dari Sipopo

Pertama kali mencoba SIPOPO ini adalah saat hari Sabtu malam, tanggal 23 Februari yang lalu, Mas Amay muntah-muntah. Mama menduga, Mas Amay muntah-muntah karena terlalu banyak makan cokelat waktu siang. Kebetulan hari itu Mama ketempatan arisan, dan karena ini adalah arisan teman TK Mas Amay, jadi Mama menyediakan banyak cokelat dan makanan kecil lainnya.

Tak tahunya, malam-malam Mas Amay mengeluh sakit perut dan muntah berkali-kali, sampai-sampai Mama kurang tidur jadinya.

Tepat jam setengah satu malam, Mas Amay yang sebenarnya tidurnya kurang nyenyak karena sakit perut, tiba-tiba berlari ke kamar mandi. Dia muntah lagi di kloset. Saat itu Mama baru ingat kalau Mama punya SIPOPO.

Sebenarnya SIPOPO yang Mama miliki ini untuk strong immune atau kekuatan imun. Tapi tak apalah dicoba. Mama mencampurkan sesendok makan VCO dengan tiga tetes SIPOPO. Setelah itu, Mama oleskan minyak itu ke perut, tengkuk, telinga, dan telapak kaki Mas Amay. 

Hasilnya? Mas Amay bisa tidur nyenyak dan tidak lagi muntah. Mama masih belum bisa memastikan, apakah itu karena Mas Amay memang sudah tidak ingin muntah ataukah karena SIPOPO ini. Mari kita lihat besok pagi.

Dan esok harinya, alhamdulillah apa yang Mama khawatirkan tidak terjadi. Tadinya Mama mengira Mas Amay akan demam atau radang, tapi alhamdulillah Mas Amay bangun dengan ceria.

Mama bohong ah... 

Tidak. Mama selalu menjunjung tinggi sebuah kejujuran, jadi mana mungkin Mama akan tega membohongi teman-teman Mama Kepiting? 

Essential Oil dari SIPOPO

Sejak hari itu, tiap malam Mama mengoleskan minyak SIPOPO untuk Mas Amay dan Dek Aga. Sebenarnya SIPOPO adalah produk essential oil yang diformulasikan khusus untuk anak-anak. SIPOPO ini obat luar, sangat membantu jika anak-anak kita tak suka obat. Tapi karena Mama suka baunya, jadi Mama dan Papa juga pakai, hehe...

Papa pernah bilang, "Baunya kayak minyak cengkeh." Mama yang tidak pernah mencium bau minyak cengkeh pun tak percaya.

"Masa?" tanya Mama.

"Iya. Dulu waktu di Paninggaran (Pekalongan), kan banyak yang bikin minyak cengkeh." Oh, oke deh. Percaya aja sama Papa. Papa kan nggak cuma setahun dua tahun tinggal di sana.

Dan setelah Mama search di  website SIPOPO di https://sipopo.id/ ternyata benar, komposisi SIPOPO varian Strong Immune antara lain, Clove (cengkeh), Lemon dan Tea Tree Oil

Tahu nggak sih, ternyata cengkeh ini punya banyak manfaat, lho. 

1. Cengkeh dapat melindungi tubuh dari kanker. Cengkeh diperkaya dengan antioksidan eugenol yang dapat melawan radikal bebas dalam tubuh.
2. Cengkeh dapat membunuh bakteri penyebab penyakit.
3. Cengkeh dapat meningkatkan kesehatan hati.
4. Cengkeh dapan menjaga kesehatan tulang.
5. Cengkeh dapat mengobati sakit maag
6. Cengkeh dapat mengendalikan kadar gula daram darah.

Wah, ternyata banyak sekali manfaatnya, yaa...

Oya, tak hanya "ngefek" untuk Mas Amay, ternyata SIPOPO juga "ngefek untuk tante Opik. Ceritanya, dua minggu lalu tante Opik pergi ke rumah bunda di Semarang. Tapi sayang, Selasa minggu lalu, dia mengeluh sakit. Demam dan muntah-muntah gitu deh.

Tapi kemudian, hari Jumat kemarin dia memutuskan untuk pulang ke Solo meski masih sakit. Setelah sampai di Solo, seharian itu tante Opik hanya tiduran saja di kamar. Dia yang biasanya hobi banget pegang gadget, mendadak jadi anteng banget di sosmed. Ya sudah, malam hari setelah sholat isya, Mama oleskan campuran antara VCO dan SIPOPO. Kali ini, Mama lebihkan dosisnya. Tak lupa, Mas Amay, Dek Aga, Mama dan Papa juga diolesi SIPOPO ini.

Besok paginya, Mama tanya sam tante Opik, gimana rasanya setelah pakai SIPOPO?

Jawabannya kurang lebih gini, "Efeknya aku bisa tidur lebih nyenyak sih. Kemarin-kemarin kan karena demam, aku jadi nggak bisa tidur."

Dan Sabtu siang, tante Opik sudah bisa bantu Mama masak. 

Mama menduga, saat bisa tidur nyenyak itulah, ketahanan tubuhnya jadi meningkat. Itu yang membuat tante Opik lebih sehat dari sebelumnya.

So, beneran deh, Ma, Essential Oil dari SIPOPO ini recommended banget. Mama Kepiting juga insya Allah mau beli lagi nanti. Tidak seperti essential oil lain yang umumnya dijual per kandungan herba-nya (Misal; Lavender, Peppermint, dll), SIPOPO merupakan kombinasi dari beberapa jenis herba yang sudah di-mix untuk manfaat tertentu. 

Ada 4 varian SIPOPO yang bisa Mama coba.

4 Varian SIPOPO Essential Oils


1. Strong Immune, ini seperti yang sudah kami coba. Kandungannya terdiri dari Clove, Lemon dan Tea Tree Oil

2. Bye Cough & Flu. Kandungannya terdiri dari Mint, Anise, Cajeput dan Rose 

3. Sleep Well. Kandungannya terdiri dari Lavender, Peppermint, Cajeput, Lemon, Nutmeg, Rose dan Anise Oil

4. Happy Stomach. Kandungannya terdiri dari Ginger, Tea Tree, Eucalyptus dan Lemongrass oil.

Kira-kira, teman-teman Mama Kepiting pengen yang varian apa nih? Kayaknya penting semua, yaa... Hehe... Kalau Mama-Mama pengen beli juga, bisa ke website-nya di https://sipopo.id/ atau ke instagram @sipopo.id ya, Ma... Semoga kita sehat selalu. :)






You May Also Like

72 comments

  1. terimakasih rekomendasinya bund, info yang cukup membantub :)

    ReplyDelete
  2. Bari tau nih ada si POPO.
    Kemasannya kecil jadi mudah banget buat dibawa jalan2 karena saat traveling adalah momen yg mudah kena masuk angin, hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah iya, bener juga yaa.. saat traveling pun harus dibawa. untungnya kemasannya mungil dan anti pecah. :)

      Delete
  3. wah rekomended banget ya mba dari 4 varian aku tertarik sama yang bye cough & flu penyakit yang sering datang ke anak dan aku hehehe..

    sekarang emang banyak banget essential oil makanya sempat bingung kalau ada review yang ditulis begini jadi meyakinkan aku nih buat coba

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mbak, awalnya aku nggak yakin apa essential oil tu bener-bener berkhasiat. eh alhamdulillah, di aku dan anak-anakku koq cocok.

      Delete
  4. Aku tertarik banget sama sleep well. gak tau ini duo krucil ku selalu suka tidur malam larut padahal gak tidur siang atau kalau tidur siang sebentar aja.
    mau intip web sippo dulu. makasih mama

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama, Ma.. :)

      eh, buat Mamanya juga penting lho biar bisa sleep well. hehe.. kalau tidurnya berkualitas, besoknya makin semangat saat beraktivitas..

      Delete
  5. SIPOPO mujarab juga ya mba untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Dan demi mencegah penyakit2 itu kembali menjangkiti kita, ada baiknya perlu dilakukan pencegahan salah Satunya dengan sedia SIPOPO di rumah. Beberapa penyakit memang kadang diremehkan karena sudah umum ya, padahal bila tidak ditangani dengan baik akan membahayakan diri sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul, Mbak.. seringan apapun penyakit, tetap membuat tidak nyaman kan..

      Delete
  6. Aku baru tau tentang SIPOPO ini, berkhasiat sekali untuk kesehatan tubuh ya. Perlu nih sedia SIPOPO di rumah buat jaga-jaga. Memang lebih baik mencegah daripada mengobati. Btw namanya lucu, gambarnya juga :)

    ReplyDelete
  7. Musim penghujan memang perlu daya tahan tubuh yang fit ha Mbak. Disamping banyak makan yang bergizi seimbang, tidak ada salahnya mencoba sipopo inih. Rasanya saya juga perlu minyak untuk aroma terapi gitu ya. Seandenya dijual di mana mana, bjsa kubeli sekarang y,

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi, kan tinggal buka IG atau webnya, lalu order, Mbak.. Xixixi

      Delete
  8. wuiii namanya lucu ya, SIPOPO.
    Harganya mahal nggak? Saya pingin hadiahi ponakan saya, siapa tau dia cocok. Soalnya siponakanku ini gampang sekali masuk angin. Keluar rumah beberapa jam, pulangnya langsung bersin-bersin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mbak, gampang diingat namanya, hehe.. anak-anak banget lah.. :D

      Delete
  9. Anakku baru kena flu mbak. Padahal masih 2 bulan, sedih banget susah tidur dan bernafas dia. Saya baru tahu ada si Popo minyak esensial begini. Bisa dicoba untuk si kecil saya Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mbak, ini rekomended deh.. saya nyoba sendiri soalnya..

      Delete
  10. Namanya lucu sekali, jadi kalau dipake lebih mudah mengingatnya, saya suka sekali sama yang namanya essential oil ini produknya sudah pasti ramah lingkungan dan aman buat si kecil ya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mbak, membantu banget.. apalagi kalau anak kita susah banget pas disuruh minum obat..

      Delete
  11. Makin penasaran dengan sipopo ini setelah baca banyak review, pingin nyobain yang strong immune dan bye bye cough and flu, pas banget cuaca lagi nggak bersahabat bikin anak-anak gampang drop dan batuk pilek.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga pengen beli lagi insya Allah, Mbak.. :)

      pengen yang sleep well, wkwkwk..

      Delete
  12. Sipopo memang perlu agar masalah musim penghujan bukan terjadinya gangguan kesehatan dan Mpo sering mules mules

    ReplyDelete
  13. Wahhh ternyata cengkeh banyak manfaatnya yaa, Mba. Sebelumnya yang saya tahu, cengkeh bisa mengobati sakit gigi karena saya beberapa kali menggunakan cengkeh untuk mengobati sakit gigi yang saya derita :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan ternyata manfaat cengkeh tu banyak banget ya, Mbak.. Masya Allah..

      Delete
  14. Musim penghujan gini memang identik banget dengan datangnya beberapa penyakit. Untungnya sekarang udah ada sipopo yang bisa dipilih sebagai salah satu alternafif mencegah penyakit di musim hujan yaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mbak, lebih baik mencegah daripada mengobati kan ya? :)

      Delete
  15. Baru tau soal leptospirosis. Serem jg ya bisa menyebabkan kematian.
    Jadi sipopo ini obat luar ya, bukan untuk diminum?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mbak, ini salah satu solusi kalau anak kita nggak suka minum obat. :)

      Delete
  16. 4 variannya penting semua nih mbak, mau intip2 di ignya sipopo dulu :)

    ReplyDelete
  17. Kayaknya semua varian wajib ada di rumah nih Mam, duduk manis bersama obat-obatan lain di kotak P3K yaah.
    Jadi mau juga ini, apalagi Si Kakak ini gak suka banget dengan obat. Jadilah penuh drama klo dia sakit, huhuhuh. Sekarang lagi batuk, gak mau minum obat pula, mau coba cek Sipopo juga aahh. Makasih sharingnya ya Mam. :)

    ReplyDelete
  18. Oh bisa utk orang dewasa juga y mba? Pengen cobain yg strong imune nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya buat anak-anak, Mak.. tapi ini kemarin kami yang dewasa iseng nyoba, eh enakan di badan. hehe

      Delete
  19. Kandungan cengkeh dalam sipopo pastinya bermanfaat sekali untuk mencegah datangnya penyakit di musim penghujan seperti ini, ya ...
    Kalau untuk mengobati sakit maag, caranya bagaimana, Mbak? Tinggal dioleskan saja?

    ReplyDelete
  20. Saya pengen coba yang Strong Immune :D sejak musim hujan anak-anak jadi sebulan pasti deh sakit 1-2x walau cuma batuk pilek tapi lumayan jadi nurunin berat badan hiks :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa, sedihnya gitu.. naikin BBnya susaah, sakit sebentar langsung kurus

      Delete
  21. So true, mba. We have to be ready for anything that comes up during this rainy season. Stay healthy everyone

    ReplyDelete
  22. Mbk mantab nih makasih mbk udah buat rekomendasi sangat membantu banget

    ReplyDelete
  23. aroma cengkeh itu enak mbak, oh ternyata sipopo aromanya seperti itu ya. Aku belum pernah nyobain sipopo nih. Pingin beli juga ah nyobain,bisa buat keluarga juga ya essesnsial oilnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mbak, enak, seger.. awalnya sih anak-anak menolak, karena baunya mungkin asing.. etapi belakangan malah minta diolesi sipopo, wkwkwk

      Delete
  24. Wah, ternyata banyak khasiatnya ya sipopo ini. Bunda juga mau coba ah

    ReplyDelete
  25. Sipopo nama yang lucu banget hehe jadi gampang diingat. Kayaknya boleh juga nih esential oil ini untuk si kecil. Pengen cobain deh. Tertarik sama empat varian di atas karena baca manfaat kandungannya semua penting deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mbak, semua penting memang.. pengen beli semuanya, tapi karena kantong pas-pasan, jadi pilih yang strong immune aja deh, xixixi

      Delete
  26. Kayaknya butuh yang sleep well nih, anak lanangku nih koq susah banget tidurnya. Hobi melek malem kayak emaknya :)) Wangi lavendernya sepertinya bakalan bikin relax dan lanjut ngantuk ya.

    ReplyDelete
  27. Iya nih, beberapa minggu belakangan saya sering mendengar kabar dari adik, ponakan, dan temen yg sakit karena musim hujan ini. Baru kenal juga dengan Si Popo. Ntar aku coba cari deh, buat direkomendasiin ke saudara dan temen. Thanks infonya ya, Mba :)

    ReplyDelete
  28. Mak.. punten.. aku kemaren nyari si popo di apotik sini kok ngga ada ya. Akhire beli obat batuk lain lagi. :(

    ReplyDelete
  29. eh samaaaa, anakku pakai Sipopo kids essential oil tapi yang sleep well dan bye cough & flu soalnya dia sempat gejala pilek. Tidurnya makin pulas lho. ALhamdulillah ...

    ReplyDelete
  30. Iyes penyakit musim hujan tuh lebih banyak pasti menderita flu soale dingin.Praktis ya kalau ada Sipopo ini anak2 bebas mampet idungnya akibat flu.

    ReplyDelete
  31. Mau ah nyoba sipoponya. Buat persediaan di rumah. Aku sih sekarang mengurangi penggunaan obat kimia

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, Sipopo ini salah satu solusinya, karena Sipopo ini obat luar, Mak.. :)

      Delete
  32. wah banyak juga manfaatnya ya, gak cuma buat anak anak. Kudu sedia di rumah nih

    ReplyDelete
  33. Wah baru tau nih dengan minyak essential ini yang ternyata bermanfaat banget ya buat menyembuhkan penyakit ringan pada anak-anak. Pernapasan jadi lega.

    ReplyDelete
  34. Bagus ini ya mbak, untuk anak anak sering banget baca review dari teman teman dan hasilnya memang membantu banget meringankan sakit si kecil

    ReplyDelete
  35. Esssential oil seperti ini jadi andalanku terutama pas anak masih bayi dan kena batpil

    ReplyDelete
  36. Dari kemarin-kemarin baca review sipopo, kupikir kok namanya lucu banget. Gara-gara lihat foto di artikel ini saya jadi tau mungkin sipopo itu panggilan sayang buat kudanil ya, hipopotamus hihihi. Sejauh ini saya belum ad apengalaman pake essential oil sih, tapi pengen cobain juga.

    ReplyDelete
  37. Waah sipopo imut2 khasiatnya cetar nih kayaknha mba
    Banyak pilihan juga yaa

    Btw harganya gimana mba?

    ReplyDelete
  38. Bener nih mbak, rata2 di luaran oil cuma ada 1 macam varian herba. Ini enak ya macam2 sesuai fungsi

    ReplyDelete
  39. Wah harus sedia sipopo dirmh neh karena anakku juga sering banget flu, sakit perut

    ReplyDelete
  40. Pakainya irit ya ternyata, 3 tetes untuk 1 sendok VCO. Anak-anak lagi musim sakit nih. Antrian dokter anak juga buanyaaak puol. Kayaknya gitu juga bisa menular deh sakitnya pas bareng-bareng antri di dokter anak #suudzon

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga sehat terus semuanya ya, Mbak.. aamiin YRA

      Delete
  41. Wah banyak variannya dan cocok banget buat stok dirumah untuk jaga2 buat anak. Nanti coba aku kepoin deh instagram nya

    ReplyDelete
  42. Aku pertama kali tahu namanya, kukira sih Si Popo itu bentuknya seperti salep mbak, hehee,.. Eh ternyata bukan heee
    Boleh deh nih buat persediaan P3K di rumah mbak, apalagi skrg juga cuacanya ga menentu begini, buat jaga2 di rumah,
    Terima kasih sharingnya mbak ^_^

    ReplyDelete
  43. Aku sih yes sama sipopo ini, pernah pakai juga. Buat mencegah dan pas baru banget flu oke ini.

    ReplyDelete
  44. Wah banyak banget manfaat sipopo ini ya. Bisa dicoba nih untuk keluarga di rumah

    ReplyDelete
  45. Musim hujan begini, flu paling sering menyerang ya. Anak-anakku juga kena flu batuk. Kayaknya perlu nih punumya sipopo

    ReplyDelete
  46. Banyak yang kena flu batuk pilek ya Mba musim hujan ini, dengan sipopo semuanya aman dan lancar

    ReplyDelete