Serunya Family Gathering dan Outbond di Resto Kemuning Bersama TKIT Bina Madina dan KBIT ABATA

Tuesday, January 21, 2020

Family Gathering TKIT Bina Madina dan KBIT ABATA, Gedongan, Colomadu, Karanganyar

Akhir Oktober 2019, usai pembagian rapor mid semester, komite TKIT Bina Madina dan KBIT Abata mengadakan rapat pembentukan panitia acara Family Gathering. Acara ini merupakan program dua tahunan di sekolah yang terletak di Gedongan, Colomadu, Karanganyar, Jawa Tengah ini. Nah, kalau tahun ini programnya adalah Family Gathering, maka tahun depan insya Allah akan ada Spectacular Parenting. Ya, Family Gathering dan Spectacular Parenting adalah program dua tahunan, sehingga pelaksanaannya bergantian.

Baca ini ya: Seminar Parenting; Bullying yang Bikin Pening

Dan entah apa dasarnya, Ustadzah Rina Purwandani yang merupakan Kepala TKIT Bina Madina, tiba-tiba menunjuk Mama sebagai ketua panitia. Andai Ust Rina tahu, Mama ini sangat cupu untuk urusan beginian. Amanah ini terlalu berat untuk Mama yang tak punya pengalaman apa-apa sebelumnya. Namun, alhamdulillah, baik ustadzah maupun bunda-bunda komite, semua ringan tangan dan senantiasa bahu-membahu hingga acara usai. Terima kasih semuaaa... Ketjup dari saya. :*

Kerja keras panitia sudah dimulai sejak bulan-bulan sebelumnya. Dimulai dari pemilihan tempat, hingga menimbang dan memutuskan bahwa Family Gathering akan diadakan di Resto Kemuning, juga perumusan biaya, dan lain-lainnya.

Terakhir, Sabtu 11 Januari 2020 kami melakukan koordinasi final, yaitu mendengarkan laporan dari masing-masing sie tentang apa saja yang sudah dan belum dilakukan atau dilengkapi. Dan beberapa hari kemudian, tepatnya di Selasa, 14 Januari 2020, kami sama-sama membungkus hadiah / doorprize yang akan dibagikan di setiap bis supaya perjalanan semakin menyenangkan.

bersama-sama membungkus doorprize :)

Dan hari itu pun tiba ...

Pagi itu, Sabtu, 18 Januari 2020, Mama bangun lebih pagi dari biasanya. Setelah mengecek barang bawaan Mama dan Adek Aga, dan memastikan bahwa tak ada yang tertinggal, Mama pun bersiap-siap sembari menyiapkan sarapan. Ya, sarapan itu penting, teman. Jangan sampai ditinggalkan.

Jam 6 kurang, dengan diantar Papabebi, Mama dan Adek Aga meluncur ke sekolah. Bis-bis sudah menunggu penumpangnya. Masya Allah... Dan tepat di pukul 07:00, 7 bis beriringan menuju Resto Kemuning, yang terletak di Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar.

Meski sebenarnya sekolah kami dengan tempat outbond yang kami tuju masih berada dalam satu kabupaten, tetapi kami membutuhkan sekitar 1,5 jam perjalanan. Hihi, maklum lah, Colomadu itu kecamatan yang nyempil di antara kabupaten lain, yaitu Boyolali, Surakarta dan Sukoharjo.

Setibanya di Resto Kemuning, kami disambut oleh kakak-kakak dari Pena Event Organizer. Setelah ramah tamah, kami dipersilakan untuk mengambil sarapan. FYI, sebelumnya, kami ditawarkan beberapa pilihan menu, seperti:

Sarapan:
  • Snack
  • Nasi soto
  • Nasi pecel
  • Bubur ayam
  • Bubur kacang ijo
Makan siang:
  • Paket ayam bakar atau goreng
  • Paket ikan nila bakar atau goreng

Dan pilihan kami adalah;
Sarapan: Nasi soto
Makan siang: Paket ayam bakar untuk anak-anak dan paket nila bakar untuk orang tua

Alhamdulillah... Jadi, sebelum bermain bersama, kami sudah punya tenaga. Hihi... 

Sarapan nasi soto sebelum outbond di Resto Kemuning

Setelah sarapan, kami digiring (digiring, macam bebek aja, xixi), menuju lapangan. Dan keseruan pun dimulai!

Kakak-kakak dari Pena Event Organizer meminta kami berbaris bersisian dengan anak-anak. Dengan iringan musik, kami diajak untuk menari baby shark dan senam pinguin. Serruuu, dan geli juga dengan gerakannya. Hihi...

Permainan dilanjutkan dengan estafet balon yang sudah diisi air. Tawa kami pecah ketika mendengar satu demi satu balon meletus dan merecikkan air. Apalagi setelah itu kami diminta untuk melemparkan balon-balon air itu ke udara. Sontak semua menghindar agar tak terkena lemparan. Tapi justru di situlah keseruannya, ketika balon air mengenai salah satu di antara kami, dan kami menjadi basah karenanya. :D

Kakak-kakak dari Pena Event Organizer memang iseng. Setelah puas membuat kami tertawa, kami dibuat menangis juga. Kami diminta untuk memeluk anak-anak, dengan iringan kalimat sendu yang membuat kami semakin terharu.

Family Gathering TKIT Bina Madina dan KBIT ABATA

serunya menari baby shark dan senam pinguin

Family Gathering TKIT Bina Madina dan KBIT ABATA

Selesai seru-seruan bersama anak-anak, kami dipisahkan. Anak-anak diajak bermain sendiri, begitu pula para orang tua.

Anak-anak bermain meniti tali, merayap, bertani, menangkap ikan, dan diakhiri dengan berenang di kolam renang.

Family Gathering dan Outbond di Resto Kemuning, Ngargoyoso, Karanganyar
Outbond di Resto Kemuning

Good job, Boy! Aga anak pemberani. :)

Outbond di Resto Kemuning

Permainan untuk orang tua lebih menuntut kami untuk berkonsentrasi. Namun, meski terlihat sepele, nyatanya sering juga kami melakukan kesalahan. Maklum, orang tua banyak pikiran, wkwkwk...

Selain harus fokus, permainan ini membutuhkan stamina yang tinggi. Soalnya, kami diajak untuk melompat maju mundur, kanan kiri. Menyesal sekali karena Mama jarang berolahraga, jadi diajak lompat-lompat begitu saja, lelahnya luar biasa.

Family Gathering dan Outbond di Resto Kemuning, Ngargoyoso, Karanganyar
Tim Ongol-Ongol :)

Family Gathering dan Outbond di Resto Kemuning, Ngargoyoso, Karanganyar
Ssst, ada grup bapa-bapak juga

Alhamdulillah, regu Mama yang kami beri nama tim Ongol-Ongol jadi juara dua di permainan konsentrasi. Karena itu, kami diizinkan untuk melanjutkan ke sesi river tubing.

Meski sempat bete karena harus menunggu terlalu lama, tetapi semua terbayar ketika kami meluncur mengarungi Kali Pucung dengan ban-ban karet sejauh 1,2 km. Seruuuu... Semua bebas berteriak dan tertawa lepas. Yup, ini adalah kesempatan untuk bersenang-senang, sejenak melupakan beban dan segala kewajiban.

Seorang Mama bilang, "Lupakan hutang, saatnya bersenang-senang."

Mama yang lain menimpali, "Semoga hutangnya ikutan hanyut di kali." Hihi, ada-ada saja. Tapi kami saling mengaminkan. Siapa tahu setelah ini kita benar-benar bisa bebas dari jeratan hutang, ya kan? 😁

River Tubing di Kali Pucung
Persiapan sebelum river tubing

Family Gathering di Resto Kemuning, Ngargoyoso, Karanganyar
Menuju titik awal river tubing Kali Pucung

Peace, Ma! Habis ini teriak-teriak kita. Wkwkw..

Oke, siap-siap, Ma.. Kalem..

Family Gathering di Resto Kemuning, Ngargoyoso, Karanganyar
pintu air belum dibuka, wajah masih kalem, sempat selfie pula :)

Outbond di Resto Kemuning, Ngargoyoso, Karanganyar
puas banget ketawanya :D

Udahan dulu bahas utangnya. Kita kembali ke kenyataan, eh, maksudnya ke acara kemarin.

Setelah puas berteriak dan tertawa sambil menikmati arus Kali Pucung, kami pun kembali ke basecamp. Di sana, Adek Aga sudah menunggu mamanya. Huhu, sediiiih... Adek Aga sempat nangis, katanya. Maaf ya, Dek, habisnya tadi antreannya lamaaa...

Nah, setelah bebersih badan yang tadi kebasahan, kami dipersilakan untuk menikmati santap siang. Seperti yang Mama tulis di atas, menu kita adalah paket nila bakar untuk dewasa, dan paket ayam bakar untuk anak-anak.

Alhamdulillah, Adek Aga sudah makan sendiri. Kata Mama Gravish, Aga makannya banyak, tapi eh tapi, waktu lihat Mama makan, dia lapar lagi. Wkwkwk... Anak ini memang banyak makannya. Alhamdulilah..

Selesai makan siang, acara dilanjutkan dengan penyerahan kembali peserta outbond kepada pihak sekolah. Artinya, setelah ini kita akan berpamitan pulang. Dan satu per satu, orang tua dan anak-anak pun kembali menuju bis masing-masing.

Eit, tapi di WAG Komite, tiba-tiba ada yang mengingatkan, "Bund, panitia ngga foto bersama?"

Wah, Mama langsung ajak semua panitia untuk turun dari bis dan menuju ke dekat kolam renang. Momen ini tidak boleh terlewatkan, bukan? Apalagi, outfit kita sudah seragam. #tetep 😁

Family Gathering di Resto Kemuning, Ngargoyoso, Karanganyar
segenap ustadzah dan rekan-rekan panitia

Setelah puas cekrak-cekrek, kami kembali ke bis. Alhamdulillah, banyak hal yang kami syukuri. Cuaca yang cerah hingga kami puas bermain, juga perjalanan pergi pulang yang lancar tanpa ada halangan.

Alhamdulillah, tsumma alhamdulillah. Dan seiring dengan berakhirnya acara Family Gathering ini, berakhir pula tugas saya. Kalau diibaratkan, rasanya seperti sebongkah batu terangkat dari kepala. Beberapa hari jelang hari H, kepala rasanya beraaat, tapi Alhamdulillah sekarang sudah kembali enteng. Hehe...

Ya, benar kata Eyang Nelson Mandela. Sesuatu selalu tampak tidak mungkin hingga ia selesai dikerjakan.

It always seems impossible until it’s done. 

Dan dari lubuk hati yang terdalam, saya mengucapkan terima kasih yang tak terhingga atas kerja sama seluruh ustadzah, rekan-rekan panitia, juga Abi/Ummi sekalian. Tanpa support dan kerja sama yang baik, acara ini tak akan berjalan dengan mudah. Mohon dimaafkan apabila ada banyak kekurangan. Karena sekali lagi, ini adalah kali pertama saya diberi tanggung jawab yang menyangkut hajat hidup orang banyak.

Akhir kata,

Ikan bawal dimakan buaya
Buaya darat bikin sengsara
Mohon maaf jika ada salah dan lupa
Karena diri ini hanya manusia biasa

Eeaaa... Ya, itulah keseruan Family Gathering dan Outbond di Resto Kemuning Bersama TKIT Bina Madina dan KBIT ABATA. Sampai jumpa di event seru lainnya... :*

NB: Foto-foto di atas merupakan hasil bidikan ustadzah



Ditulis dengan Cinta, Mama

4 comments

  1. Fotoku koq gak ada yg close Up yaa... Mungil Semua...fotone author banyaaakkkkk 😄😄😄

    ReplyDelete
  2. Masya Allah tulisannya bagus.bkin sy senyam senyum sendiri bacanya 😍😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, aamiin, masih perlu belajar lagi, Bund.. 😁

      Delete