Kenapa Anak Saya belum Tumbuh Gigi?

Mengurus bayi tuh, setiap harinya kita harus siap-siap dengan segala macam kejutan. Tiap hari was-was, kayakkenapa lagi nih anak gue? Termasuk ketika kita menanti-nanti si bayi tumbuh gigi. Waktu Mas Amay bayi, Mama Kepiting cukup lama menunggu giginya tumbuh. Sampai khawatir, Mas Amay nanti punya gigi apa ngga? Karena waktu hamil Mas Amay, Mama sempat bertemu dengan orang yang mengalami anodontia, yaitu suatu kelainan yang ditandai dengan tidak tumbuhnya sebagian atau seluruh gigi sejak lahir.

Alhamdulillah, gigi pertama Mas Amay muncul menjelang ulang tahunnya yang pertama. Nah, sebenarnya, kapan sih seharusnya bayi tumbuh gigi?

Gigi pertama Amay

Pertumbuhan gigi pada anak tidak selalu sama, karena kondisi tubuh anak dan jumlah asupan kalsium ibu saat hamil juga berbeda-beda. Namun, biasanya gigi pertama bayi mulai tumbuh saat usianya menginjak 6 bulan.

Jadi, misal Mama memiliki bayi yang berusia 9 bulan dan belum menunjukkan tanda-tanda tumbuh gigi, jangan khawatir dulu, Ma ... Karena sangat normal bila anak belum tumbuh gigi hingga usia 12 bulan. Namun, dilansir dari Klik Dokter, drg. Callista Argentina menegaskan bahwa apabila sampai usia 18 bulan gigi anak belum juga tumbuh, maka dia harus segera dibawa ke dokter, agar diketahui akar penyebab dan cara penanganannya.

Baca : Terlambat Cabut Gigi Susu, Gigi Amay Jadi Begini...

Umumnya, gigi yang pertama tumbuh adalah gigi seri, baik atas maupun bawah, kemudian baru gigi-gigi bagian belakang. Namun, tidak menutup kemungkinan gigi geraham muncul lebih dulu. :)

Tahapan Pertumbuhan Gigi Susu pada Bayi pada Umumnya
Tahapan Pertumbuhan Gigi Susu pada Bayi pada Umumnya

Biasanya, ciri-ciri anak mau tumbuh gigi tuh, apa saja sih, Ma? Check this out ya, Ma...

1. Bayi sering mengeces
Jadi, bayi mengeces bukan karena waktu hamil ngidamnya ngga keturutan ya, Ma... Xixixi... Bisa jadi itu merupakan tanda giginya mau tumbuh.

2. Suka menggigit barang-barang di sekitarnya
Waspadalah, Ma! Untuk Mama yang menyusui, biasanya bayi akan menggigit puting saat menyusu. Aww, kebayang perihnya! 

3. Gusi membengkak

4. Susah makan atau nafsu makan menurun
Ya, seperti orang dewasa yang sedang sakit gigi, meski di hadapannya terhampar makanan yang lezat, tapi pasti ngga nafsu kan?

5. Sering rewel, bahkan terkadang disertai demam
Saat bayi tumbuh gigi adalah salah satu momen yang paling membutuhkan kesabaran. Udah susah makan, seringkali minta nen terus, nen-nya pun sambil gigit-gigit pula, ditambah demam lagi. Hmm, kerjaan terbengkalai, badan pegal-pegal, nikmat sekali ya, Ma... Hihi... Tapi insya Allah jadi salah satu sebab terbukanya pintu surga untuk kita ya Ma... Aamiin YRA. :)


Lalu, apa saja yang bisa mempengaruhi pertumbuhan gigi?

1. Genetik

Jadi, bila orangtuanya juga mengalami keterlambatan dalam pertumbuhan gigi saat bayi, maka kemungkinan besar anaknya akan mengalami hal yang sama.
Lalu, apakah waktu bayi dulu Mama Kepiting terlambat tumbuh gigi? Saya tidak tahu, karena tidak ingat juga. 

Nah, tapi, dari pengalaman Mas Amay yang baru tumbuh gigi di usia nyaris 12 bulan, Mama jadi tidak khawatir ketika Adek Aga mengalami hal yang sama. Dan iya, gigi Adek Aga baru muncul di usia 11 bulan.

2. Asupan Nutrisi

Kita tentu tahu bahwa pertumbuhan gigi anak sangat dipengaruhi oleh asupan kalsium, fosfat serta vitamin D. Bila kandungan tersebut tidak terpenuhi, maka risikonya adalah terlambatnya pertumbuhan gigi anak.

Asupan nutrisi tersebut bisa diperoleh dari susu, telur, ikan juga daging. Dan jangan lupa, harus rajin berjemur di bawah matahari pagi juga, yaa..

3. Tekstur Makanan

Saat bayi mulai diberi MPASI, usahakan teksturnya bertahap mulai dari yang paling halus, lalu sedikit demi sedikit semakin kasar, sampai pada akhirnya si kecil mulai bisa mengonsumsi makanan padat seperti orang dewasa.

4. Stimulasi pertumbuhan gigi dengan Teether

Usia 3 bulan ke atas biasanya bayi sudah mulai suka menggigit. Mama bisa berikan mainan untuk digigit atau Teehter. Namun, harus selalu dipastikan kondisi Teether selalu bersih saat diberikan ya, Ma...

Jangan lupa, jika sampai usia 18 bulan anak belum menunjukkan tanda-tanda akan tumbuh gigi, segera kunjungi dokter gigi spesialis gigi anak (paedodontics / pediatrict dentist) ya, Ma... Semoga anak-anak tumbuh sesuai dengan tahapan perkembangan yang semestinya, yaa. Aamiin. :)

Ditulis dengan Cinta, Mama

Comments