Jadi Atlet di Rumah? Bisa Laaah...

Wednesday, August 4, 2021


Ma, efek pandemi untuk Mama apa sih? Kalau saya, ruang gerak berkurang, berat badan bertambah. Huhu... Salah sendiri, hobi "glundang-glundung" dipelihara. Mageran dan malas-malasan dipertahankan dengan alasan untuk menyelamatkan banyak nyawa. Lalu, ketika berat badan naik, PPKM yang disalahkan karena katanya PPKM merupakan singkatan dari "Pelan-Pelan Kita Melar". 😂

Oke, tobat, yuk! Stop mageran dari sekarang, karena ternyata efeknya ngga main-main. Udah deh, yang mesti dipertahankan adalah kesehatan jiwa dan raga, bukan sifat mager yang ngga ada gunanya. Pernah dengar kata Om Deddy Corbuzier ngga? Kurang lebih seperti ini pesannya:

"Ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa jika Anda berolahraga lebih dari 150 menit per minggu, maka pada saat Anda terkena covid, kemungkinan Anda masuk ke rumah sakit akan lebih sedikit. Kemungkinan Anda meninggal, lebih sedikit. Memang pandemi ini gym pada tutup, tempat olahraga juga tutup, tapi kita masih bisa berolahraga di rumah. Ini pandemi, jangan diam saja, bergeraklah!"

Mama bisa menemukan kata-kata di atas di IG Om Deddy, yaa... Cuss cari aja. Dan pesan yang harus digarisbawahi adalah; Jangan diam saja! Bergeraklah!

Jadi Atlet di Rumah

Mengapa Bergerak itu Penting?

Kenapa sih kok harus bergerak? Karena Mager alias Malas Gerak bisa berefek buruk bagi kesehatan kita, di antaranya bisa menyebabkan:

1. Obesitas

Di salah satu postingan Om Deddy juga, dokter Tirta berkomentar bahwa obesitas bisa meningkatkan risiko covid hingga 7x lipat. Serem kan? Jadi bisa dibilang, obesitas juga termasuk komorbid. So please, hati-hati!

2. Sulit berkonsentrasi

Para ahli kesehatan menyatakan bahwa saat kita bermalas-malasan, produksi hormon endorfin akan berkurang. Padahal, hormon ini dibutuhkan untuk membantu kita mengatur stres dan suasana hati.

Hobi mager juga membuat fungsi otak menurun loh. Maka, kita harus memperbanyak aktivitas fisik untuk merangsang aliran darah yang penuh oksigen menuju otak, serta memperbaiki sel dan jaringan otot yang mulai rusak. Jadi ketika kita berolahraga, otak kita akan semakin tajam daya ingatnya, karena saat bergerak dan berolahraga sel-sel saraf baru dalam otak akan tumbuh menggantikan sel-sel saraf yang telah rusak.

3. Meningkatkan risiko stroke dan serangan jantung

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Nurses' Health Study membuktikan bahwa wanita yang cukup bergerak atau beraktivitas fisik memiliki peluang terhindar dari stroke dan serangan jantung hingga 50%. Dan orang-orang yang terlalu sering bermalas-malasan atau terlalu lama duduk di depan layar komputer, memiliki risiko yang cukup besar mengalami stroke.

Teman-teman blogger, ketampar ngga? Saya sih iya... Karena sebagai seorang blogger, saya lebih banyak menghabiskan waktu dengan duduk di depan layar komputer, daripada bergerak.

4. Meningkatkan risiko terkena diabetes

Hati-hati, ya, teman-teman... Keseringan mager bisa menyebabkan resistensi insulin juga. Hal ini yang akan menjadi penyebab meningkatnya risiko terkena diabetes. Terlebih lagi, biasanya saat bermalasan kita cenderung mencari cemilan yang mengandung kadar gula cukup tinggi, kan?

5. Memicu osteoporosis

Otot dan tulang harus dilatih setiap hari agar tetap kuat. Minimnya aktivitas akan membuat otot dan tulang menjadi lemah. Kondisi ini bisa menjadi lebih buruk saat berat badan bertambah, karena otot dan tulang pun akan semakin kewalahan menopang berat badan.

~

Setelah mengetahui dampak negatif dari hobi mageran, rasanya mulai sekarang kita perlu perbanyak gerak ya, Ma... Kalau Om Deddy Corbuzier menyarankan untuk work out minimal 150 menit per minggu, berarti jika dibuat rata-rata maka per harinya adalah 20 - 30 menit. Bisa? Bisa lah, yaaa...

Ngga boleh pake alasan gym tutup, tempat olahraga tutup lagi, yaa, karena kita masih bisa melakukan olahraga yang seru di rumah, seperti:

  • Bermain hula hoop
  • Angkat beban
  • Bersepeda dengan sepeda statis

Kalau tidak punya alat-alat di atas, kita juga bisa melakukan olahraga berikut ini:

  • Jalan di tempat
  • Berlari di tempat
  • Melompat 
  • Yoga

Kebetulan, hari Minggu tanggal 1 Agustus kemarin saya menghadiri Webinar Community - Launching Anlene Actifit 3X & Gold 5X, yang juga menghadirkan instruktur yoga bersertifikat, Amanda Tasning. Serunya, ada 2 sesi yoga yang cukup meembuat pagi itu jadi berkeringat. Terasa banget, badan yang jarang bergerak memang jadi kurang lentur, yaa... Selesai acara saya langsung berazam untuk rutin melakukan yoga di rumah, karena setelah melakukan yoga selama 2 sesi, badan terasa lebih segar.

Oya, di acara tersebut hadir pula Liliyana Natsir, peraih medali emas Olimipade Rio de Janeiro 2016. Ci Butet, panggilan akrabnya, mengatakan bahwa kesehatan kita merupakan investasi juga. Jadi, tak hanya investasi keuangan saja yang penting, investasi kesehatan juga saaangat penting.

Pasti semua setuju ya dengan pendapat Ci Butet? Iya dong... Kaya doang tapi kalau ngga sehat, ngga bisa menikmati juga kan?

Launching Anlene Actifit 3X & Gold 5X

Nah, sejalan dengan anjuran untuk memperbanyak aktivitas fisik, Anlene sebagai ahli nutrisi tulang yang #LebihDariSusu menawarkan Anlene Actifit 3X & Anlene Gold 5X untuk membantu memperkuat tulang, menjaga kelenturan sendi dan energi otot, sehingga dapat mendukung aktivitas fisik dan olahraga secara optimal.

#PilihYangLebih ya, Ma... Ada Anlene Actifit 3X, ada pula Anlene Gold 5X. Lalu, apa beda keduanya? 

Anlene Actifit 3X

Anlene Actifit 3X
 

1. Anlene Actifit 3X, mengandung 3 nutrisi utama, yaitu:

  • Kalsium tinggi, untuk tulang yang kuat
  • Kolagen + Vitamin C, untuk kelenturan sendi
  • Protein dari susu berkualitas tinggi dan Vitamin B6, untuk energi otot yang berkelanjutan

2. Rendah lemak, tapi rasa lebih enak

3. Pilihan rasa: original, vanilla, dan coklat

4. Ukuran kemasan yang tersedia; 600 g, 250 g, sachet, dan UHT 175 ml

Anlene Gold 5X

1. Anlene Gold 5X memiliki kandungan nutrisi utama yang rendah gula dan rendah kolesterol, dan juga dilengkapi dengan sumber kalium dan Vitamin B9, untuk risiko kesehatan terkait usia. 

2. Pilihan rasa: original, vanilla, dan coklat

3. Ukuran kemasan yang tersedia; 900 g, 600 g, 250 g, dan 175 g

Anlene Actifit 3X


Dengan rutin bergerak aktif dan minum 2 gelas Anlene setiap hari, maka insya Allah, kebebasan bergerak akan kita rasakan hingga tua nanti.

~

Bukan Anlene namanya kalau dukungannya ngga maksimal. Selain untuk memotivasi kita agar tetap aktif bergerak meski sedang berada di situasi pandemi, Anlene juga menyelenggarakan kompetisi #JadiAtletdiRumah untuk menunjukkan dukungan kita pada atlet Indonesia yang sedang bertanding di Olimpiade Tokyo 2020. Kompetisi #JadiAtletdiRumah diselenggarakan pada 23 Juli - 8 Agustus 2021, dengan mengunggah video berlari, berjalan dan melompat. 

Hadiahnya lumayan lho... Segera kunjungi instagram @anlene_indonesia untuk info lengkapnya, yaa...

Anlene juga menyediakan pemeriksaan mobilitas gratis pada http://anlenemovecheck.com/ dengan mengikuti Kuis Pemeriksaan Gerakan Anlene, alat sederhana yang dikembangkan khusus untuk menilai mobilitas dengan melakukan gerakan fisik sederhana.

Yuk, dicoba... Jangan lupa juga untuk ikut kompetisi #JadiAtletdiRumah yaa.. 😊

 

Ditulis dengan Cinta, Mama

 




Sumber referensi:

- https://lifestyle.kompas.com/read/2017/11/16/191220220/malas-gerak-salah-satu-penyebab-kematian-terbanyak-di-dunia

- https://hot.liputan6.com/read/4085434/5-dampak-buruk-malas-gerak-untuk-kesehatan-sebabkan-penyakit

61 comments

  1. Bener banget, dengan berolahraga akan sangat mengurangi resiko stroke dan jantung. Karena peredaran darah dalam tubuh menjadi lebih lancar.

    Selain berolahraga juga, tubuh sangat penting untuk diberikan nutrisi yg lengkap ya, mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Mbak.. Ibarat tanaman, selain harus disiram dan mendapat cahaya matahari, perlu diberi pupuk juga biar tetap sehat dan produktif. :)

      Delete
  2. Jadi Atlet di rumah, setiap hariii akutuuu.
    Bergerak terus, udah jalan kaki subuh2 ato ngeyoga di teras sambil jemuur, abis itu masak, ngepel, nyuci dan online daah .

    Seruu ini challangenya , cuma dengan berjalan, berlari dan melompat bisa menyemangi mereka yang lagi berlaga di Tokyoo. Yuuk, bergerak sambil penuhhi Nutrisi Anlene yang Unggul dan Superior.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teh Nchie, pantesan aktif terus kayak ngga ada capeknya. Kalau biasa bergerak memang badan lebih bugar, yaa... Ngga klentrak-klentruk kalau kata orang Jawa. Hihi...

      Delete
  3. Sejak dulu Anlene konsisten dengan kampanye mengajak masyarakat untuk bergerak. Mulai jalan kaki, dan olahraga lain yang tidak terlalu memforsir tenaga. Biar makin sehat tentu diimbangi dengan nutrisi yang lengkap ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul, Mbak.. Sayangnya masih banyak yang belum menyadari betapa pentingnya bergerak, dan betapa banyak penyakit yang menunggu saat kita bermalas-malasan..

      Delete
  4. Benar banget nih Mba, kebanyakan duduk, bikin otak jadi nggak bisa bekerja dengan baik, sulit banget konsentrasi.
    Memang wajib dipaksain nih biar bisa rutin bergerak setiap hari, gerakan ringan aja, yang penting konsisten.
    Dan minum susu Anlene juga ya buat nutrisi tulang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Konsistennya memang susah, yaa.. Di awal-awal memang harus memaksakan diri. Kebiasaan baik harus diupayakan supaya bisa menjadi life style. :)

      Delete
  5. ternyata banyak pilihan olahraga di rumah ya. dari mulai hulahop, jalan di tempat, berlari, lompat, sepeda statis. yang penting mah bergerak. ngeri juga ya dampak kalau jarang bergerak. bisa obesitas dan lebih buruk lagi mudah terjangkit penyakit tak menular seperti jantung, diabetes dll. makasih pengingatnya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mak.. Main hula hoop sama anak-anak pasti seru. :)

      Delete
  6. Eh baru tahu saya kalau PPKM itu Pelan-Pelan Kita Melar ... padahal bisa jadi Pelan-Pelan Kita Mengolahraga (maksa hehe).

    Kita memang butuh gerak ya biar sehat selalu, ditambah dengan nutrisi yang baik seperti dari Anlene. Tinggal pilih yang mana cocok yang 3XC atau 5X.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwk, itu singkatan lucu-lucuan aja Mak, biar ngga stres, wkkwk...

      Delete
  7. aktif bergerak bagus buat kesehatan ya mba. aku nih kebanyakan duduk, karena memang kerja ngantor di belakang laptop terus. sekalinya mau bergerak badan kaku.

    boleh juga nih penuhi nutrisi dengan anlene.. biar tulang, otot dan sendi lebih sehat. kita pun bida aktif bebas bergerak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaupun saya ngga ngantor, tapi kalo udah selesai kerjaan rumah tangga, pengennya rebahan melulu, Mbak.. Huhu... Bahaya banget kalo keseringan kan.. Bisa-bisa Pelan-pelan Kita Melar beneran.

      Delete
  8. Udah gak ada alasan lagi deh ya untuk banyak mager. Kesehatan adalah investasi. Jadi harus tetap olahraga meskipun di rumah. Nutrisinya bisa didapat dari Anlene

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul... Kalau belum bisa investasi emas atau properti, minimal investasi kesehatan dulu lah, hihi...

      Delete
  9. Sebenarnya olahraga di rumah itu hemat uang karena tidak perlu bayar bulanan gym. Semangat berolahraga

    ReplyDelete
  10. Iya mba setelah ikut acara ini jadi semakin perhatian supaya bisa seimbang antara di depan laptop atau hape dengan bergerak juga...hehe...Alhamdulillah diingatkan nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak.. Alhamdulillah, diingatkan mumpung belum terlambat, yaa

      Delete
  11. Mager (malas gerak) yang terlalu berlebihan memang tidak baik untuk kesehatan. PPKM versi setiap orang beda-beda ya, Mbak. Kalau anak muda yang lagi galau tuh PPKM ya Pelan-Pelan Kamu Menghilang. Seru ya webinar bersama Anlene.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwk, iya bener, Pelan-pelan Kamu Menghilang juga bisa tuh buat yang hobi utang trus ngga ada kabar. Haha...

      Delete
  12. Alhamdulilah aku minum Anlene dari gadis,mba, dulu kalau gak salah pas usia 19 apa 20 tahun gitu. Ibu aku juga minum yang Gold 50th plus kalau gak salah. Btw jadi pengen ikutan lombanya itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren bangeeett, pantesan Mbak Eni strong banget nih...

      Delete
  13. Tuh kaann efek diam saja tuh bahayaaa.... beneran PELAN PELAN KITA MELAR (huruf besar, bold, garis bawah jika perlu) hahahaa... aku ngerasain ini juga mba. Ga kemana-mana kok lama-lama bajunya sesak semua, duh duuuhh.

    Untung ikutan webinar kemarin, jadi sadar bahwa supremasi kaum rebahan di masa pandemi harus segera berakhir. NO mager mager lagi lah. Gerakan-gerakan ringan kayak yang diajarkan Mb Amanda Tasning bermanfaat banget untuk membuat kita tetap bergerak selama di rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Uniek, aku kemarin juga ngulang-ulang lagi gerakan gentle yoga yang diajarin Mbak Amanda Tasning. Yang gentle yoga aja tapi, belum berani yang conditioning yoga, hihi...

      Delete
  14. Bisaa dong... aku saat isoman malah semangaat jalan kaki di rumah aja mba, literally inside of the house. Lumayan bisa cicil 5000 langkah walaupun di rumah aja. Kalau lagi ke luar bisa 10rb ya hehehe

    ReplyDelete
  15. PPKM berarti Pelan-Pelan Kita Melar?? Hahaha, kok bener, ya. Terbukti di badan saya sendiri, selama pandemi malah naik berat badannya :D
    Gak mau tambah melar, deh, harus aktif bergerak meski di rumah aja, ya. Bisa dengan jalan kaki di rumah atau olahraga ringan seperti yoga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ayo sama-sama banyakin gerak mulai dari sekarang, Mak..

      Delete
  16. Ahahaha aku juga jadi korban di rumah aja, BB jd naik dan ngeselin krn pas difoto buat sosmed gtu pipi tuh gak bisa bohong wkwkw :P
    Memang kudu lebih rajin bergerak sekarang supaya selain gak gampang naik BB juga sebagai investasi kesehatan di masa tua, supaya kelak tetep gesit walau udah lansia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak April walaupun BB naik mah tetep aja kelihatan cantik gitu.. Tapi bener sih, mau langsing atau berisi, semua tetap butuh bergerak. Kan tujuannya biar badan sehat dan lentur sampai tua. :)

      Delete
  17. Nggak ada alasan buat nggak olahraga ya Mam. Ternyata bisa apa aja meskipun lari di tempat atau lompat. Anlene aku udah minum 4 tahunan mam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah, salut sama Mbak Nyi, udah investasi buat kesehatan tulang sejak dini. :)

      Delete
  18. Yuhuu senang banget karena Anlene memotivasi kita buat tetap bergerak lewat ajang #JadiAtletdiRumah. Caranya juga ternyata gak susah ya karena cukup dengan berlari, melompat dan berjalan udah termasuk bergerak aktif yang dapat menyehatkan tulang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, gampang banget, Mbak... Walaupun kompetisinya udah berakhir pun, tetap harus rajin bergerak meski di rumah aja, yaa

      Delete
  19. Aku sebagai penggemar makanan manis, mulai insecure niih..
    Apalagi diingetin sama Mama Kepiting buat rajin-rajin bergerak dan olahraga di rumah, karena salah satu kemungkinan besar penyakit yang muncul kalau mager adalah risiko terkena diabetes.

    Heuheuu~
    Harus. Harus dimulai bergerak aktif dari mulai sekarang.

    Kak Ariiin...olahraga bareng yuukk~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ho oh, Kak.. Kadang biskuit setoples bisa habis dalam beberapa jam aja, huhuhu...

      Delete
  20. Sejak PPKM ini, aku juga jadi mager buangeett, Mak.
    Kayak linglung gitu, mau ngapain sering lupaaaa

    Alhamdulillah, dapat hidayah buat ikutan webinar cihuy enih
    jadinya auto geraakkk
    dan sekarang saban pagi rutin yoga plus konsumsi makanan/minuman bernutrisi
    yeayyy!

    ReplyDelete
    Replies
    1. ((dapat hidayah)) wkwkwk... Alhamdulillah, acara kemarin bikin kita tobat sama-sama ya, Mak.. Tobat dari hobi mageran dan glundang-glundung doang, hihi

      Delete
  21. Satu lagi, jangan lupa, selama ada koneksi internet, bisa loh ikutan olahraga dengan panduan dari video di Youtube. Hayoh, nonton drakor lama-lama bisa, ikutan olahraga dari Youtube nggak bisa. Biar makin ketampar, hahaha ...

    Ini ceritanya menampar diri sendiri juga sih yang kadang malesss banget buat memulai. Tapi sekalinya bergerak, malesss banget buat berhenti. Eh loh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betuuull... Setju pisaaan ini mah.. Di YouTube banyak banget video-video olahraga. Yoga ada, senam ada, pilates ada, tinggal butuh niat doang ini mah yaa...

      Delete
  22. Nah nah nah ... Meskipun seorang blogger jadi saya beruntung nih karena ngeblog dari hape seringnya malah sambil nunggu anak main, nunggu masakan matang, bahkan sambil dalam perjalanan dalam kendaraan jadi ga duduk depan komputer saja. Gak termasuk yang beresiko kena jantung atau stroke kan? Hehehe ...
    Semoga dengan aktivitas banyak gerak, semuanya jadi makin sehat. Aamiin ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren banget, Mak, bisa ngeblog sambil nunggu anak main.. Pengen belajar multitasking kayak Mak Okti deh jadinya, soalnya saya kalau ngga fokus, susah banget dapet ide 1 kalimat pun.

      Delete
  23. Kalau soal mager, aku juga suka begitu hihihihi ngaku :D Tapi tadi pagi aku jalan cepat bareng suami hihihi. Tetap bergerak itu wajiiib yach, menjaga kebugaran body dan pikiran kita, mbak Arinta :) Betul apa yang dibilang sama Liliyana tentang bergerak di rumah seperti berlari, berjalan dan melompat. By the way, Anlene sudah dua dekade turut membantu menjaga kesehatan tulang, sendi dan otot kita. AKu pilih Anlene Actifit 3X rasa vanila aja :)

    ReplyDelete
  24. memang harus ada niat di awal ya trus lanjut dengan konsisten, dirutinin, biar lebih semangat harus ada pemacunya, jadi lebih giat lagi deh buat bergerak dan olahraga dari rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget, Mak.. Niatnya harus diwujudkan bener-bener, biar ngga sekadar rencana dan wacana, xixixixi... Arin mah gitu soalnya, huhu...

      Delete
  25. Selalu suka ama tulisan Mak arin, berasa lagi ngobrol langsung kita.. Btw paragraf pertama kok udah langsung menohok banget ya. Aku udah makin melar 2 kali lipat ini. Mulai olahraga tapi cm kenceng seminggu doang. trus kendor lagi mager lagi. Haduuhhh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pengen bisa menulis sebaik Mak Wied malah.. hihi..

      Yuk yuk yuk, semangat buat bergerak...

      Delete
    2. Iya nih, apa kita perlu ngajak emak lain ikut kelas yoga online. Biar seru gitu. Kan dulu sebelum pandemi kita pernah rencana bikin kelas yoga KEB ya.

      Delete
  26. Sekarang aku berusaha bangeeett supaya aktif gerak mba

    ngga mau kalo kesehatan jiwa raga tergerus gegara mager mulu.
    nih, abis gini mau ikutan yoga pake panduan di channel youtube Penyogastar

    semangaatt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya, penyogastar juga keren itu. Aku ngikutin IG-nya, Mak..

      Delete
  27. Mbak Ariiiiiin.. kamu jangan nyindir aku dong, hanya karena berat badanku nambah terus. Pfft.. yuk kita agendakan yang kemarin kita omongin itu. Mumpung ada yang ditodong, hihi.

    Biasanya kalau olahraganya bareng-bareng gitu kan, jadi semangat ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan salah, ini nyindir emak-emak di seantero jagat raya, wkwkwk..

      Ayo ayo, diwujudkan rencana yang kemarin yuk..

      Delete
  28. Serem ya, resiko terkena covid jika obesitas - plus dampaknya (ke pernapasan mungkin ya?)

    Aku pas pandemi biasa aja sih, tapi hobi "glundang-glundung" memang jadi "makanan" tetap - dan sempet olahraga berat selama ... 3 bulan terus demam, de el el sebulan terus sekarang males lagi hiks hiks...

    Oke abis ini yhuuukkkks kita olga rutin lagi!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Tante... Obesitas bisa kemana-mana sih, yaa.. Diabetes bisa, jantung juga bisa. Makanya mumpung belum terlambat, bergerak yuk bergerak.

      Delete
  29. Semenjak tahu kalau investasi olahraga itu penting, sekarang sedikit demi sedikit luangin waktu buat olahraga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Mak.. lebih baik mencegah daripada mengobati. :)

      Delete
  30. Beneeer banget kata-katanya Om Deddy, ayo bergeraklah. Jangan mager, jangan rebahan aja, karena yang rebahan mulu itu cuma guling :)))

    Aku kalau kurang gerak, badan malah sakit. Kebanyakan rebahan, kepala malah pusing :))

    Biar lincah bergerak kudu punya tubuh yang sehat dan tulang ya kuat ya. Makanya perlu minum minuman yang kaya kalsium kayak Anlene. AKu pun sekarang konsumsi Anlene Actifit 3X, biar tulang sehat sampai tua. Biar kelak kalau jadi nenek-nenek, jadi nenek-nenek lincah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, Mak.. Banyak rebahan malah badan jadi kaku dan pusing, yaa..

      Kalo Mak Rien sih aku percaya kalau rajin olahraga. Kan selalu ada fotonya, hihihi...

      Delete