Ketika Anak Berbicara Kasar

Sunday, December 11, 2022


Saat Hari Guru Nasional beberapa waktu lalu, di instagram melintas sebuah video yang dibuat oleh seorang guru muda dari Boyolali. Di dalam video tersebut, beliau menyampaikan pada anak didiknya, bahwa ada hal yang sebenarnya masih membuat bapak / ibu guru merasa sedih, yaitu ketika anak-anak masih berbicara kasar / tidak sopan. Video itu langsung Mama tunjukkan ke Mas Amay dan Dek Aga, dan Mama katakan bahwa ternyata tidak hanya orang tua saja yang merasa sedih saat anaknya berbicara kasar, bapak / ibu guru juga.

Issue ini sebenarnya sudah menjadi bahasan di rumah kami sejak dua tahunan yang lalu. Alhamdulillah, baik Mas Amay maupun Adek Aga tidak ada yang hobi mengeluarkan kalimat kotor. Namun, sebagai ibu, Mama harus mencegah itu terjadi, apalagi ketika Mama lihat beberapa teman mereka hobi banget bicara kasar.

Penyebab anak suka bicara kasar

 

Apa Penyebab Anak Hobi Berkata Kasar?

Nah, ketika Mama perhatikan, anak-anak yang hobi bicara kasar biasanya memang tumbuh dari keluarga yang kurang sehat. Entah itu dari sisi finansialnya, pendidikan orang tuanya, maupun dari hubungan antar keluarganya. Memang, tidak semua anak dari keluarga kurang mampu atau berpendidikan rendah akan tumbuh menjadi anak yang liar, karena sering juga saya mendapati anak-anak dengan latar belakang seperti ini tetap bisa tumbuh menjadi anak yang santun dan berakhlak mulia. Namun biasanya, jika anak tumbuh di keluarga yang abai, yang sering bertengkar, apalagi orang tuanya juga sering berbicara kasar, tentu peluang menumbuhkan anak yang santun akan semakin kecil.

Jadi bisa disimpulkan, faktor keluarga memang menjadi faktor utama, mengapa anak-anak hobi berbicara kasar. Faktor lainnya yang juga bisa menjadi penyebab anak hobi ngomong kasar antara lain:

  • Pengaruh tontonan
  • Ingin menunjukkan keberanian atau ingin dianggap keren
  • Ingin diterima dalam pergaulan

Cara Mengatasi Anak yang Suka Berkata Kasar

Lalu, jika anak kedapatan berbicara kasar, apa yang harus dilakukan orang tua?

1. Tetap tenang dan berikan pemahaman bahwa kata-kata yang ia ucapkan itu bukanlah kata-kata yang baik. 

Kadang-kadang, anak tidak paham bahwa kata yang diucapkannya adalah kata yang tidak sopan. Jadi, ia hanya meniru apa yang didengarnya. Untuk itu, sering-seringlah ajak anak berbicara. Jika anak sudah tahu tetapi masih melakukannya, beri pemahaman kenapa sih kita tidak boleh berbicara kasar, dan apa akibatnya jika kita hobi berbicara kasar. 

Kepada Mas Amay dan Adek Aga, saya juga menyampaikan bahwa dalam Islam, ada larangan berkata kasar / kotor. Jadi, anak-anak akan paham bahwa ketika mereka berbicara kasar / kotor, artinya mereka melanggar aturan agama.

Berkatalah yang baik atau diam

2. Berikan Contoh yang Baik

Anak adalah peniru ulung. Siapa yang ditirunya? Tentu orang-orang terdekatnya. Untuk itu, tetap berikan contoh yang baik ya, Ma. Insya Allah, meski di luaran sana banyak pengaruh untuk berkata kasar, tetapi jika di dalam rumah dibiasakan berkata yang santun, anak-anak akan punya habit yang baik juga. Jangan lupa, ajarkan anak-anak untuk bisa membedakan mana yang baik dan mana yang tidak baik.

3. Batasi Penggunaan Gadget

Kita tentu tidak bisa menafikan kebutuhan akan gadget, terlebih setelah pandemi kemarin anak-anak mesti belajar daring. Namun, kontrol orang tua tetap sangat diperlukan di sini. Kadang, sudah difilter pun, kita masih kecolongan ya, Ma... Artinya, anak-anak tetap butuh pendampingan. Jika kemudian terdengar bahasa-bahasa yang kasar atau kotor, kita perlu sisipkan nasihat bahwa kata-kata seperti itu bukan kata-kata yang baik. 

4. Berikan Hukuman

Kadang Mama Kepiting suka gemes ketika ada orang tua yang sudah tahu anaknya suka berbicara kasar, tapi masih dibiarkan. Bahkan ada yang berdalih, ketika anak berani bicara kasar, artinya dia sudah menemukan lingkungan pertemanan yang nyaman. Wadaw... 

Mama Kepiting sih, kembali ke aturan agama aja ya, Ma... Hadits-nya ada. Kalau kita ingin menjadi hamba-Nya yang baik, tentu kita akan berpegang pada Al-Qur'an dan Al-hadits, bukan? Jadi, ketika anak-anak bicara kasar, Mama setuju dengan pemberian hukuman, misalnya dengan menyita handphone untuk sementara waktu, dll. Dengan pemberian hukuman ini, harapannya anak-anak sadar bahwa perbuatannya memang salah, dan paham bahwa orang tuanya sangat serius dengan persoalan ini.

5. Berikan Apresiasi

Ketika ada punishment, jangan hilangkan reward-nya, Ma... Saat anak-anak berhasil terlepas dari kebiasaan berkata kasar, berikan apresiasi pada mereka. Anak harus tahu perbedaan sikap orang tua saat ia berbuat baik dengan saat ia berbuat kurang baik. Allah saja tak hanya memperhitungkan dosa, tetapi juga memperhitungkan pahala dari setiap perbuatan baik kita. Ya kan?

Nah, Ma, itulah sedikit pendapat Mama Kepiting tentang anak-anak yang hobi berbicara kasar. Semoga anak-anak kita bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Semoga anak-anak Indonesia tumbuh menjadi anak yang santun dan berakhlak mulia ya, Ma... Aamiin aamiin Yaa Robbal 'Aalamiin...


Ditulis dengan Cinta, Mama

Post a Comment