Kenangan Semasa Belajar Daring

Sunday, February 12, 2023


Sudah lebih dari satu semester anak-anak kembali belajar tatap muka di sekolah. Ada perasaan lega, bahagia, sekaligus haru karena alhamdulillah, beratnya masa-masa pandemi berhasil kita lalui bersama. Jika menarik kembali kenangan tiga tahun silam, di minggu-minggu awal pandemi saya masih bisa santai. Bahkan, belajar di rumah di awal-awal Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) sangat saya nikmati. Namun, ketika bulan berganti, saya nyaris depresi menghadapi semua ini.

Saya tidak berlebihan. Gejala depresi benar-benar saya rasakan. Rambut rontok tak berbilang, saya sering menangis secara tiba-tiba, dan yang paling terlihat adalah kacaunya siklus bulanan. Di awal pandemi itu, saya tidak haid selama 3 bulan, hingga mengira akan ada anak ketiga. Namun, meski sudah mengecek melalui alat tes kehamilan (ada beberapa merek yang saya coba), tanda-tanda kehamilan tidak muncul juga. 

Alhamdulillah, setelah berusaha menerima apa yang terjadi, kondisi saya mulai membaik. Hal-hal yang menjadi sumber ketakutan saya selama ini, satu per satu menjadi lebih mudah saya jalani. Saya pun kembali siap menjadi "madrosatul uula" bagi kedua anak saya, meski manusiawi lah ya, jika ada saat-saat saya merasa sangat penat. 

Ini sekelumit curhatan yang saya tulis di instagram, saat lelah mendampingi anak-anak belajar dari rumah.

susahnya jadi orang tua


Oh iya, pandemi datang saat si bungsu sedang senang-senangnya menjadi anak TK. Di usia ini, bermain dan belajar dari dalam rumah saja tentu sangat membosankan. Di lain sisi, sang kakak baru duduk di bangku kelas 3, yang mana katanya, materi kelas 3 adalah "gerbang" menuju materi-materi sulit nan serius. 

Jika ditanya, sulit nggak sih mendampingi dua anak yang semuanya masih butuh perhatian? Oh, tentu saja! Saya jadi sering marah-marah, meski sedetik kemudian langsung menyesal. 😥


Kesulitan lainnya adalah ketika harus mengumpulkan foto kegiatan anak, mulai dari saat berjemur, berolahraga, beribadah, mengerjakan tugas, hingga membantu orang tua. Mau dibuat senatural mungkin pun sulit, karena saya juga ingin foto-foto kegiatan itu tetap terlihat bagus. Memang yaa, pengen terlihat sempurna tuh bikin tress bangeeettt. 🙈

Nah, inilah beberapa foto yang diproduksi saat School from Home. Sssst, satu adegan kadang memerlukan belasan kali take foto, lho. 😂


Belajar daring


Kenangan saat Belajar Daring

Serba-serbi Belajar Daring
setoran tugas harian Adek Aga

Foto-foto kegiatan sehari-hari saat PJJ
dokumentasi saat anak-anak melakukan ibadah di rumah

Kenangan tentang Pembelajaran Jarak Jauh
foto saat berolahraga

Contoh kegiatan membantu orang tua
foto saat membantu orang tua

Namun, hikmahnya adalah, saya jadi ikut belajar banyak hal, terutama tentang materi-materi agama karena anak-anak saya sekolah di sekolah Muhammadiyah. Untuk saya yang merupakan produk sekolah negeri, materi agama yang saya pelajari dulu tentu sangat terbatas. Tulisan ini contohnya: Bacaan Gharib: Saktah, Tashil, Imalah, Isymam dan Naql, "lahir" saat saya mendampingi si sulung belajar materi Pendidikan Agama Islam tentang Bacaan Gharib.

Omong-omong, ada satu peristiwa lucu di tahun lalu, saat si bungsu sudah jadi anak kelas 1. Kebetulan, saat kecil dulu Adek Aga mengalami keterlambatan bicara, sehingga penguasaan bahasanya sedikit kurang jika dibandingkan anak seusianya. Jangankan belajar bahasa lain, bercerita dengan Bahasa Indonesia saja kadang masih suka muter-muter bicaranya.


Singkat cerita, suatu hari ada pelajaran Basa Jawa. Ya, Basa Jawa menjadi salah satu mata pelajaran mulok alias muatan lokal, karena kami tinggal di Solo, Jawa Tengah. Jujur saja, meski kami tinggal di Solo, tetapi untuk berkomunikasi sehari-sehari kami menggunakan Bahasa Indonesia. Salah satu alasannya karena Pak Suami berasal dari Majalengka, Jawa Barat. 

Nah, saat belajar daring itu, Aga diminta membaca cerita di buku paket Basa Jawa. Karena Basa Jawa menjadi "bahasa asing" baginya, ia pun mengalami kesulitan. Sayangnya, ketika mengalami kesulitan, Aga akan panik. Kalau sudah panik, dia akan kehilangan kendali, hingga bisa menangis atau tantrum. 

Alhamdulillah, seiring berjalannya waktu, kemampuan berkomunikasinya semakin berkembang. Aga kini sudah pandai menangkap bahasa selain Bahasa Indonesia, yaitu Basa Jawa tentu saja, dan Bahasa Inggris.  



Ditulis dengan Cinta, Mama

Post a Comment