Jenis Olahraga yang Bisa Menguatkan Bonding antara Orang Tua dan Anak

Sunday, March 12, 2023


Saat pandemi COVID-19 menghantam dunia, orang-orang yang sebelumnya lebih sering berkegiatan di luar rumah, dipaksa beraktivitas di dalam rumah saja. Positifnya, waktu bersama keluarga yang selama ini terabaikan, terbayar dengan keharusan #StayHome ini. Namun, di awal tahun ajaran baru kemarin ketika sudah banyak sekolah yang menerapkan sistem pembelajaran tatap muka, hampir semua rutinitas kembali ke awal. Orang-orang mulai sibuk bekerja di kantor dari pagi hingga petang, anak-anak pun mulai sekolah dari pagi sampai sore. Sehingga, waktu untuk berkumpul bersama keluarga kembali berkurang.

Ada beberapa kegiatan yang bisa orang tua lakukan untuk meningkatkan bonding dengan anak-anak, misalnya; jalan-jalan di akhir pekan, bersih-bersih rumah, memasak bersama, sarapan dan makan malam bersama, menonton film di rumah, atau olahraga bersama. 


Mengenai olahraga bersama, manfaatnya tidak hanya bisa menguatkan ikatan antara orang tua dengan anak, tetapi juga dapat mengajarkan kedisiplinan, ketekunan, juga melatih kekuatan fisik dan mental. Tak hanya itu, anak-anak dan orang dewasa yang aktif secara fisik di siang hari, dapat tidur secara lebih nyenyak di malam hari. Tidur yang nyenyak tentu berpengaruh pada kesehatan dan produktivitas kita sehari-hari bukan?

Apakah Mama Kepiting sering berolahraga bersama anak-anak? Tentu saja dong... Olahraga apa saja yang Mama Kepiting lakukan bersama dengan anak-anak?

1. Berenang


Di libur kenaikan kelas yang lalu, anak-anak meminta untuk les berenang. Ya sudah, karena Mama Kepiting pun belum bisa berenang, akhirnya Mama Kepiting ikut les berenang juga. Hihi... Alhamdulillah, meski baru bisa gaya katak, tetapi Mama senang akhirnya bisa berenang. Nah, beberapa kali saat weekend, kami berenang bersama di kolam renang dekat rumah. Mas Amay yang memang sudah lebih lincah dan sudah menguasai beberapa gaya, menjadi penjaganya Mama. 


Les berenang Solo
Suasana saat les berenang bersama coach dari Ammar Swim

2. Bersepeda


Olahraga berikutnya adalah bersepeda. Paling enak, bersepeda dilakukan di pagi hari, saat matahari terasa hangat. Biasanya, kami bersepeda di jalan-jalan desa yang sepi. Bonusnya, kami bisa menikmati udara yang bersih, juga pemandangan alam yang indah. 


Bersepeda di pagi hari


3. Hiking


Hiking adalah olahraga berjalan kaki di alam bebas seperti ke gunung atau ke air terjun. Manfaat melakukan hiking adalah untuk melatih otot paha dan kaki. Selain itu, hiking di alam bebas, bermanfaat pula untuk menjernihkan pikiran. Melihat manfaatnya, tentu ini adalah kegiatan yang sangat seru jika dilakukan bersama keluarga. 


Olahraga bersama keluarga


Foto di atas diambil saat kami berjalan-jalan ke Grojogan Sewu, Tawangmangu. Saat menapaki jalan setapak menuju air terjun, Mas Amay berkata, "Kalau paru-paru kita bisa ngomong, mungkin dia mau bilang hari ini aku bahagia karena udara yang aku hirup bersih banget, ngga kayak hari-hari biasa." 

Hihi, anak itu memang suka ada-ada aja imajinasinya. 😂


4. Senam


Ini sih bisa dilakukan di rumah, ya... Biasanya, saat malas kemana-mana, kami olahraga di rumah saja. Tinggal nyalakan YouTube melalui layar televisi, lalu pilih senam yang kita ingini. Nah, kemarin-kemarin, saat menjelang Ujian Praktik kelas 6, kami melakukan Senam PGRI sekalian mendampingi Mas Amay menghafal gerakannya. 


5. Yoga


Olahraga yang bisa dilakukan bersama anak-anak berikutnya adalah yoga. Ada banyak gerakan yang bisa dilakukan berdua dengan anak-anak. Seperti ini misalnya;


Olahraga untuk menguatkan bonding antara orang tua dan anak
yoga with kiddos


Selain berguna untuk melatih keseimbangan, gerakan ini juga bisa menguatkan otot kaki kita, Ma... Anak-anak juga pasti happy banget ketika diajak "terbang", hihi... 

Gerakan yoga for kids lainnya, misalnya seperti ini:


Yoga for kids


Seru kan? 


Oke, Ma, itulah beberapa contoh olahraga yang bisa dilakukan untuk menguatkan bonding antara orang tua dan anak. Kalau Mama suka olahraga apa nih sama anak-anak? Yuk, Ma, kapan-kapan kita jadwalkan olahraga bareng dengan anak-anak! Ketika ada kesempatan tiba, manfaatkan kesempatan itu dengan sebaik-baiknya, Ma... Karena keterikatan antara orang tua dan anak adalah salah satu sumber kebahagiaan juga. 😊




Ditulis dengan Cinta, Mama

Post a Comment