Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 SD

Friday, May 26, 2023


Di Ujian Praktik kelas 6 SD bulan Februari lalu, salah satu yang diujikan di sekolah Si Sulung adalah praktik pidato. Tema yang diambil untuk pidato kali ini adalah "Perpisahan Kelas VI". Ini sekaligus mempraktikkan apa yang telah dipelajari di pelajaran Bahasa Indonesia, tema Kepemimpinan. Tentu sebelum praktik, anak-anak telah dibekali teori tentang pengertian pidato, bagian-bagian pidato, langkah-langkah menyusun pidato, dll.

Pengertian Pidato


Pidato adalah metode penyampaian informasi, ide, atau pemikiran dalam bentuk kata-kata di depan banyak orang. Biasanya pidato disampaikan di acara peresmian, rapat organisasi, sambutan, atau perpisahan sekolah.

Bagian-Bagian Pidato


Pidato tersusun dari beberapa bagian, yaitu:
  • Salam pembuka --> Berisi kalimat sapaan
  • Pendahuluan --> Berisi paparan topik permasalahan yang dibahas
  • Inti --> Berisi pembahasan topik secara lengkap
  • Penutup --> Berisi rangkuman / intisari topik yang telah disampaikan
  • Salam penutup --> Berisi kalimat penutup, seperti ungkapan terima kasih dan salam

Langkah-Langkah Menyusun Pidato


Sebelum menyusun teks pidato, kita harus tahu di acara seperti apa kita akan berbicara, topik  apa yang akan kita angkat, dan siapa audiens kita. Setelah mengetahui ketiga hal tersebut, berikut ini adalah langkah-langkah dalam menyusun pidato:
  1. Buatlah rancangan kerangka pidato
  2. Kembangkan kerangka pidato menjadi teks pidato yang utuh
  3. Tulislah teks pidato menggunakan bahasa yang baik dan benar
  4. Bacalah kembali teks pidato yang telah kita buat, dan perbaikilah jika terjadi kesalahan
Saat berpidato, kita juga perlu memperhatikan intonasi, pelafalan, hingga penampilan. 


Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 SD



Contoh Pidato Perpisahan Kelas VI SD 


(Teks pidato ini dibuat oleh Si Sulung, saat mempersiapkan ujian praktik kelas VI SD, untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia)

Assalamu'alaikum Warahmatullaahi Wabarokatuh

Alhamdulillah, puji syukur ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita, sehingga pada hari ini kita dapat berkumpul di acara perpisahan kelas 6. Tak lupa sholawat dan salam senantiasa kita curahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, dan semoga kita semua yang ada di sini termasuk dalam barisan ummatnya yang mendapatkan syafa'at di yaumil akhir kelak. Aamiin Allahumma Aamiin.

Bapak/Ibu guru yang saya hormati dan teman-teman yang saya sayangi, seperti yang saya sebutkan di awal, hari ini adalah hari perpisahan bagi kita, siswa-siswi kelas 6. Tidak terasa, 6 tahun telah kita lewati bersama di SD kita tercinta ini. Tentu ada banyak sekali kenangan indah yang tersimpan di memori.

Sebagai siswa kelas 6, saya merasakan bahwa perpisahan bukanlah hal yang mudah untuk dilalui. Namun, perpisahan adalah hal yang harus terjadi, seperti terbit dan terbenamnya mentari.

Bapak/Ibu guru yang saya hormati dan teman-teman yang saya sayangi. Selama 6 tahun kebersamaan kita, tentu ada kekurangan atau kesalahan yang telah saya perbuat. Untuk itu, setulus hati saya memohon maaf atas kekhilafan ini. Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada bapak/ibu guru atas segala bimbingan dan ilmu yang telah bapak/ibu guru ajarkan. Semoga Allah membalas kebaikan yang telah bapak/ibu lakukan dengan kebaikan yang setimpal. 

Kepada teman-teman kelas 6, terima kasih untuk persahabatan yang telah terjalin. Semoga perpisahan ini bukanlah akhir dari pertemanan kita. Mari kita bersama-sama mengejar impian, meski esok kita telah berbeda tempat belajar.

Bapak/Ibu guru yang saya hormati dan teman-teman yang saya sayangi. Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Mohon maaf apabila ada kekurangan. Akhir kata,

Burung Nuri burung dara
Hinggap di dahan pohon cemara
Meski kita berpisah raga
Tapi hati tertaut selamanya

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh

~

Nah, itulah sedikit tentang pidato, dan contoh pidato perpisahan kelas 6 yang telah dibuat oleh Mas Amay saat ujian kemarin. Anak itu tidak mau dibantu mamanya saat menulis pidato, karena kata Ibu Guru, membuat pidatonya harus dengan bahasa sendiri. Katanya, Ibu guru bisa tahu, ini bahasa anak-anak atau bahasa orang tua. Xixixi, baiklaaahh... Semoga bermanfaat untuk adik-adik kelas 6 nanti, ya... :)




Ditulis dengan Cinta, Mama

Post a Comment