Materi Pubertas di Pelajaran Kelas VI SD

Sunday, May 14, 2023


Tadi malam sewaktu mengantar si bungsu ke dokter untuk berobat, di samping saya duduk seorang ibu dan anak perempuannya, yang menurut perkiraan saya, umurnya sekitar 4 - 5 tahun. Anak kecil itu mengambil sebuah majalah (Majalah Hadila) yang disediakan di ruang tunggu. Di sampulnya, ada judul yang menarik mata saya; "Dampingi Anak di Usia Pubertas". Anak itu membuka lembar demi lembar, melihat-lihat gambarnya, hingga halaman terakhir. Ya, tentu saja dia tidak membaca isinya, karena itu bukan majalah untuk usianya. Namun, yang duduk di sampingnya inilah (saya maksudnya) yang amat sangat tertarik untuk membaca isinya.


Dampingi Anak di Usia Pubertas
Majalah Hadila, sumber: Shopee instalibrary


Anak itu lalu mengembalikan majalah yang dipegangnya ke tempat semula. Ia kemudian memilih buku lainnya lagi. Sebenarnya saya sangat ingin mengambil majalah tadi, tapi Mbak Perawat keburu memanggil nama Aga untuk diperiksa. Hiks...

Kenapa saya ingin sekali membaca majalah itu? Seperti yang sudah saya tulis di awal, majalah itu sedang membahas tentang pubertas. Issue ini sedang saya dalami, mengingat bahwa si sulung sudah berusia 12 tahun. Meskipun saya sudah mempersiapkan diri sejak jauh-jauh hari, dan paham bahwa mendampingi anak yang beranjak remaja memiliki tantangan yang berbeda, nyatanya memang setiap waktu ada saja kejutan yang saya hadapi.


Dan rasanya, semakin saya banyak membaca, banyak belajar, saya malah merasa semakin bodoh. Karena jadi ada rasa menyesal, harusnya saya begini, harusnya saya begitu. Namun memang, harus diakui bahwa ada perbedaan antara mereka yang mempelajari sesuatu, dengan yang sama sekali tidak mencari tahu. Jadi, Mama-Mama, tetaplah rajin belajar, ya... :)

Beruntungnya, di kelas 6 SD, ada beberapa pelajaran yang membahas tentang pubertas. Karena anak saya sekolah di sekolah yang berbasis Islam, maka wajar jika di pelajaran PAI-nya sudah disinggung tentang persiapan menghadapi masa balig. Yang membuat saya lebih lega lagi, di pelajaran IPA, anak-anak juga sudah mulai diajarkan tentang apa itu pubertas dan bagaimana menghadapinya.

Pubertas di Pelajaran IPA Kelas 6 SD


Setiap makhluk hidup mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Jika pertumbuhan adalah proses pertambahan jumlah dan ukuran sel tubuh, perkembangan adalah proses pematangan organ-organ tubuh. Manusia mengalami pertumbuhan dan perkembangan dari bayi, menjadi balita, anak-anak, remaja, dewasa, kemudian lanjut usia.

Pubertas adalah masa yang akan dialami oleh anak-anak sebagai tanda bahwa mereka telah memasuki masa remaja. Masa-masa ini ditandai dengan perubahan fisik, pola pikir, dan pematangan fungsi organ reproduksi.


Perubahan Fisik yang Dialami Remaja di Masa Pubertas


Menurut WHO, masa pubertas umumnya terjadi di usia 10 - 19 tahun. Masa pubertas itu ditandai dengan perubahan fisik, seperti:

Pada remaja laki-laki, pubertas ditandai dengan massa otot yang bertambah, suara yang menjadi lebih berat, dada yang membidang, tumbuhnya jerawat, jakun dan kumis, juga produksi keringat yang semakin banyak.

Pada remaja perempuan, pubertas ditandai dengan pinggul yang semakin besar, suara yang menjadi lebih nyaring, jerawat yang mulai bermunculan, dan produksi keringat yang semakin banyak. 


perubahan fisik pada remaja di masa pubertas


Perilaku dan Sifat Remaja di Masa Pubertas


Di masa puber, remaja cenderung mengalami emosi yang berubah-ubah. Sebenarnya perubahan emosi merupakan hal yang wajar, tetapi harus disikapi dengan bijak. Nah, di pelajaran IPA kelas 6 SD ini, anak-anak juga dibekali tentang apa saja yang harus dilakukan sebagai remaja di masa pubertas. Seperti ini;

1. Membicarakan masalah yang dihadapi dengan orang tua atau orang-orang yang dianggap bijak dan lebih berpengalaman.
2. Memilih teman-teman yang dapat saling mendukung dalam hal positif. Keberadaan teman yang baik, akan membantu remaja untuk menghadapi emosi yang berubah-ubah.
3. Menggunakan gawai dan aplikasi jejaring sosial dengan bijak.
4. Memiliki hobi untuk mengembangkan keahlian, seperti di bidang olahraga, kesenian, karya tulis, atau kegiatan sosial.
5. Menonton tayangan baik di televisi maupun di internet yang sesuai dengan usia.
6. Mendengarkan dan mematuhi nasihat-nasihat orang tua.
7. Membentengi diri dengan agama.

Sebagai orang tua, kita juga mesti mengingatkan anak-anak kita ketujuh pesan di atas. 

Cara Menjaga Kesehatan Remaja di Masa Pubertas


Perubahan fisik yang dialami oleh remaja, tentu dapat mempengaruhi aktivitas sehari-hari. Misalnya, munculnya jerawat, sedikit banyak akan berpengaruh juga pada kepercayaan diri. Produksi keringat yang mulai banyak pun harus diantisipasi. Untuk itu, para remaja harus peduli dengan tubuhnya, supaya tubuh tetap sehat dan penampilan pun terjaga.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh para remaja untuk menjaga kesehatan dan penampilan, seperti;

1. Tidur yang cukup, hindari begadang.
2. Mengonsumsi makanan yang bergizi. Meskipun junk food itu enak dan mudah didapat, tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan, dapat mengganggu kesehatan.
3. Rutin berolahraga. Kalau perlu, ajak keluarga untuk berolahraga bersama.
4. Jaga berat badan, ya... Kelebihan berat badan dapat memicu berbagai penyakit.
5. Mandilah secara teratur. Rajinlah mencuci muka, supaya wajah kita terhindar dari munculnya jerawat. 
6. Cuci tangan tidak hanya pada saat mau makan dan selesai makan, tetapi juga sebelum dan sesudah menggunakan toilet.
7. Kenakan pakaian yang sopan, bersih dan menyerap keringat.
8. Setelah bepergian, gantilah pakaian dengan pakaian yang bersih
9. Jaga pergaulan dengan lawan jenis. Ini penting, ya, anak-anak!
10. Jangan merokok apalagi mencicipi narkoba. 

Peran Orang Tua dalam Menghadapi Masa Pubertas


Kita harus bersyukur bahwa di zaman sekarang anak-anak bisa mendapat materi tentang pubertas dari pelajaran-pelajaran di sekolah. Zaman kita dulu sepertinya belum ada, ya... Kalaupun ada, tidak sedetail sekarang. Jadi seharusnya tugas kita lebih mudah. Namun, jangan sampai kemudahan ini membuat kita terlena. Peran orang tua masih sangat diperlukan di masa-masa peralihan ini. Kadang-kadang, karena merasa anak sudah cukup besar, kita jadi lalai untuk memenuhi kebutuhan mereka, termasuk kebutuhan untk mencurahkan isi hati. 

Saat anak memasuki masa pubertas, orang tua juga harus siap untuk;
1. Memberikan pengetahuan terkait organ reproduksi
2. Memahami ketidakstabilan emosi anak, sekaligus berusaha mengontrol emosi diri sendiri saat mendidik atau menasehati anak
3. Mengawasi pergaulan anak
4. Memberikan pengetahuan tentang kebersihan diri dan lingkungan
5. Memberikan makanan yang bergizi
6. Membekali anak-anak dengan ilmu agama

Ayah - Bunda, Mama - Papa, pertumbuhan dan perkembangan anak-anak sangat tergantung pada kondisi keluarga. Anak-anak tidak bisa tumbuh dan berkembang dengan baik tanpa peran orang tua yang baik pula. Untuk itu, mari kita "hadir" di sisi anak, untuk membantu mereka dalam menemukan jati diri, dan untuk menjaga mereka agar tidak kehilangan arah. Semoga kita semua bisa menjadi orang tua yang amanah, yang mampu mendidik anak-anak menjadi anak yang sholih dan sholihah. Aamiin aamiin Yaa Rabbal 'Aalamiin.




Ditulis dengan Cinta, Mama

Post a Comment