Beberapa Ide Kegiatan untuk Mengisi Liburan Sekolah

Sunday, May 21, 2023


Setelah libur lebaran, libur kenaikan kelas pun sebentar lagi akan datang. Bahkan Sulung saya yang saat ini duduk di kelas 6 SD, sudah bisa menikmati hari libur sambil menanti hari pengumuman kelulusan datang. Tapi mau ngapain nih liburan ini? Mau jalan-jalan, adiknya belum libur. Pun saat ini kami sedang mode penghematan karena isi tabungan sudah banyak berkurang setelah dipakai mudik lebaran.

Nah, supaya Si Sulung ngga terlalu sering memegang handphone, saya pun menyibukkannya dengan berbagai kegiatan di rumah. Apa saja yang kami lakukan untuk mengisi liburan ini?

1. Bercocok Tanam


Sudah lama saya tidak "bermesraan" dengan halaman depan rumah karena berbagai kegiatan. Alhamdulillah, setelah Mas Amay selesai ujian, waktu saya juga sedikit lebih longgar. Saya pun berencana untuk kembali bercocok tanam. Kali ini kami akan menanam benih tomat dan cabai yang saya beli dari toko online. Kami menggunakan cangkang telur untuk tempat menyemai.


manfaat bercocok tanam


sprout



Kegiatan menanam seperti ini banyak memberikan pelajaran untuk saya lho. Misalnya ketika melihat pertumbuhan benih-benih itu setelah beberapa hari ditanam. Meski ditanam di hari yang sama, tetapi ada yang sudah tumbuh tinggi, ada yang baru keluar tunasnya, bahkan ada yang belum tumbuh sama sekali. 

Persis seperti jalan hidup manusia, ya... Meski lahir di waktu yang sama, tetapi tidak ada yang tahu bagaimana takdir akan membawanya. Saya meyakini bahwa ini semua terjadi karena Allah Maha Berkehendak dan Maha Teliti. Setiap makhluk yang diciptakan-Nya punya keunikan sendiri-sendiri. 

Kalau kata Pak Fahruddin Faiz, alam semesta ini ngga pernah terburu-buru. Semua sudah ada timeline-nya. Ini mengingatkan saya lagi, ketika temanmu sudah "tumbuh" lebih dulu, it's okay. Kamu punya timeline-mu sendiri. Percaya aja sama Yang Maha Mengatur, supaya kita tenang menjalani hari demi hari.

Wah, dari menanam saja sudah sepanjang ini, ya.. Yang jelas, menanam banyak memberikan untuk kita.


2. Memasak 


Anak saya, yang besar dan yang kecil (kelas 2 SD), sudah saya biasakan menyalakan kompor sendiri. Mereka sudah bisa membuat telur ceplok, telur dadar, mie instan, juga minuman hangat sendiri.

Di beberapa kesempatan, saya juga mengajak mereka untuk membuat aneka cemilan seperti pie susu, pizza, juga pisang cokelat. Oiya, terakhir mereka saya ajak membuat es lumut.


Membuat pie susu dengan anak-anak



Untuk selanjutnya, saya punya ide untuk mengajari mereka menggoreng ubi, membuat puding, juga membuat banana cake kukus. Ketiga makanan ini adalah cemilan kesukaan mereka, jadi mereka harus berlatih untuk membuatnya sendiri. 😁

3. Menulis


Ramadhan lalu saat menjadi host di IG live KEB, saya mengobrol dengan salah satu rekan blogger. Dari obrolan tersebut, saya mendapat banyak insight baru, seperti manfaat Qur'an Journaling.

Berdekatan dengan Al-Qur'an, tentu banyak sekali manfaatnya ya, teman-teman. Insya Allah, Allah akan semakin sayang. Jika membacanya saja bisa mendapatkan pahala, membaca artinya bisa menambah iman dan taqwa, apalagi jika kita menambahnya dengan mempelajari tafsirnya. Insya Allah kita akan semakin paham apa yang ingin Allah sampaikan melalui ayat demi ayat yang diturunkan-Nya.

Nah, saya ngga mau belajar sendiri. Saya ingin mengajak anak-anak juga. Semoga Allah mudahkan, ya..

Baiklah, itu dia 3 ide yang baru saya temukan untuk mengisi libur kenaikan kelas nanti. Tapi, besok saya mau membereskan tumpukan-tumpukan buku terlebih dahulu. Sebagian akan saya sumbangkan, sebagian lagi akan saya jual dan uangnya akan saya belikan buku lagi. Hihi... Mohon doa semoga Allah beri kemudahan, yaa.. Aamiin aamiin ya rabbal'aalamiin.




Ditulis dengan Cinta, Mama

Post a Comment